SRIKANDI

Penggalan kalimat Arsiparis Utama, M. Taufik sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, kurang lebih berbunyi.. atas nama pimpinan dan segenap komunitas kearsipan menyampaikan apresiasi atas kesempatan peran pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, menjadi momentum loncatan capaian perkembangan kearsipan Indonesia. 

Penggalan kalimat itu aku dapati sebelum siang di hari Selasa, 27 Oktober 2020. Nampak dari Channel youtube official Kementerian PAN dan RB yang berjudul launching aplikasi umum SPBE https://youtu.be/BoNqSktolFI

Nampak Menteri Koordinator bidang Polhukam, Prof Machfud MD dan Menteri PAN&RB, Tjahjo Kumolo turut menekan tombol sebagai tanda penetapan dan peluncuran dua aplikasi umum (Srikandi dan SP4an Lapor) sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Presiden 95/2018.

Sejenak penggalan kalimat dari arsiparis utama itu, membawaku pada kenangan pada enam belas tahun lalu saat menginisiasi seminar berjudul “Tantangan profesi kearsipan di era teknologi informasi 2004”

Pun pada enam belas tahun lalu, tepatnya tahun 2004, saat semangat mahasiswa menggerakkan idealisme kearsipan, terdengar agenda penerapan pemerintah elektronik atau dengan sebutan E-Government. Dari bimbingan seorang arsiparis kala itu di kantin FIB UGM Yogyakarta, Alm Sauki Hadiwardoyo memantik diskusi profesi kearsipan yang dihadapkan dengan era teknologi informasi. 

Kini, lepas perhelatan yang dapat dimaknai sebagai loncatan perkembangan kearsipan di Indonesia, terselip kalimat magic dari seorang arsiparis. Penetapan dan Peluncuran Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang merupakan arah kebijakan dari target peraturan Presiden 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), memerlukan tenaga besar bahkan kekuatan magic agar terjadi kesepakatan untuk membawa peran komunitas arsiparis pada kancah pemerintahan. 

Baca juga

https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2020/10/22/aubkd-e-arsip-terintegrasi/

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Pencerita dan Pencari Makna

2 tanggapan untuk “SRIKANDI

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai