Corona & Libur Sekolah

Virus Corona telah meliburkan anak anak dari sekolah di DKI dan Depok Jawa Barat. Informasi Keadaan darurat wabah menular virus COVID 19 menghiasi akhir pekan ini. Bahkan menjadi dasar kebijakan dua kepala daerah di sekitar wilayah tempat domisiliku.

Sabtu 14 Maret 2020 melalui media gubernur DKI Anis Baswedan dan Walikota Depok dan Muhammad Idris secara tertulis meliburkan kegiatan belajar mengajar untuk sekolah selama dua minggu. Sontak meramaikan media sosial seperti Whatsapp Grup. 

Keadaan bencana wabah menular ini pertama diumumkan langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo melalui media pada 2 Maret 2020. Serangan virus Corona atau COVID 19, melanda di diverbagau belahan dunia. Dua orang warga negara Indonesia yang berdomisili di Depok Jawa Barat, dinyatakan positif mengidap Virus yang konon mematikan itu. 

Badan kesehatan dunia atau WHO telah menyatakan bahwa COVID 19 menjadi Pandemi dan perkembangan yang menyebar.

Dua minggu berselang dari pengumuman presiden RI, kurang lebih 27 orang dan dua meninggal dari virus Corona atau COVID 19. Pada 13 Maret 2020, melalui Keputusan Presiden telah membentuk gugus tugas dengan pelaksana Kepala Badan Nasional Penanggulangan bencana.

Kontijensi keadaan darurat Virus Corona begitu masif dilakukan termasuk di kantor instansi pemerintah pusat. Kementerian pertahanan, Kementerian BUMN, Kementerian Sekretariat Negara telah merilis edaran yang viral melalui media sosial. Pada kategori pegawai negeri tertentu dapat melakukan kerja tanpa harus mendatangi kantor. 

Munculah istilah baru untuk Aparatur Sipil Negara yang boleh bekerja dari rumah. Istilah Work From Home versi Kementerian BUMN, dan Remote Working versi Kementerian Sekretariat Negara. 

Konon, virus ini mulai terdengar dari Woohan China. DiIndonesia terdengar berita tentang isolasi Natuna. WNI yang berdatangan dari China ditempatkan di Natuna. 

Terendus Sosialisasi Virus Corona baik berupa forum maupun informasi grafis. Tiap kantor menyediakan sabun sanitizer. Tiap orang menjaga kontak secara fisik. Perhelatan apapun yang mengumpulkan orang banyak pun diundur pelaksanaannya. Pergunakan masker 😷. Mengukur suhu badan sebelum masuk kantor. Kembali kepada minuman herbal empon empon, atau jamu gendong. Isolasi dini. Dan masih banyak lagi informasi sebagai pencegahan penularan wabah virus Corona. 

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Pencerita dan Pencari Makna

2 tanggapan untuk “Corona & Libur Sekolah

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai