Bank Sampah VTB

April 2019, tugas Sekolahnya memaksa seorang anak warga mewawancarai ketua RT 10. Setingkat Sekolah Dasar (SD) mendapati tugas menggali informasi kebersihan lingkungan pemukiman.

Pertanyaan yang dibuat poin per poin mengerucut pada keberadaan Bank Sampah. Bagiku, menarik. Kurikulum di sekolah yang bukan sekolah negeri, berwawasan lingkungan.

Sampah 🚮 rumah tangga menjadi bagian dari pengelolaan lingkungan pemukiman. Beban rupiah dalam pengelolaan lingkungan per bulan untuk setiap kavling rumah Rp.200.000

Alokasi pembayaran jasa pengambilan tukang sampah per bulan ialah Rp. 2.300.000. Jumlah tersebut jika dibagi 68 Kavling ketemu dengan perkiraan beban pengeluaran uang sampah per rumah yaitu Rp.33.823

Pembiasan pengelolaan lingkungan melalui bank sampah telah dimulai sejak Agustus 2017. Sampah kering yang bisa didaur ulang dipisahkan dari kelompok sampah yang diambil oleh petugas sampah.

BANK SAMPAH VTB yang beralamat di RT 10 RW 11 Jl. Palakali kelurahan tanah baru kecamatan beji kota depok Jawa Barat hampir berumur dua tahun, adalah peran ibu2 yang berkenan menyisakan sedikit waktu untuk memisahkan sampah dan ditempatkan pada gudang yang telah disediakan oleh RT 10 VTB.

Loogsheet pembukuan bank sampah VTB menunjukkan keseriusan warga dalam memberikan perhatian kasih sayang untuk lingkungan pemukiman. Rata2 per bulan tidak meleset dari Rp.400.000 terkumpul sebagai bagian dari apresiasi peduli sampah.

Semoga menjadi bagian dari perjalanan RT 10 perumahan VTB. Tiap waktu memberikan pengajaran yang sempurna untuk menggapai keridhaan Sang Pencipta, menebar kebaikan untuk sesama dan bertanggung jawab untuk lingkungan tinggal.

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Pencerita dan Pencari Makna

Satu pendapat untuk “Bank Sampah VTB

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai