Arsiparis Teladan

Menapaki hari Senin, 3 Desember 2018 di Kantor Ditjen Migas dengan semangat kerja. Setelah mengantar anak masuk sekolah, jam 🕒 pada mesin absen mencatat bahwa aku terlambat datang. Bunyi dering HP disaat berada di busway mendorong untuk naik ke lantai 15 Gd. Migas.

Ibu atasanku memberi kabar ada panggilan manajemen untuk menghadap pimpinan. Ucapan Selamat atas terpilih sebagai Arsiparis Teladan tingkat Kementerian ESDM kuterina dari Kepala Bagian Umum, Kepegawaian, dan Organisasi. Aku terharu dan merasa tersanjung.

Terpilih sebagai pegawai teladan, bukan karena semua arahan dan harapan pimpinan dapat aku laksanakan. Rangkaian acara pada 28 November 2018 di Sekretariat Jenderal KESDM sebagaimana diberitakan pada tautan
https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/selenggarakan-festival-kearsipan-pejabat-kementerian-esdm-tandatangani-komitmen-gerakan-sadar-tertib-arsip
dan tautan
https://www.anri.go.id/detail/1640-Kementerian-Energi-dan-Sumber-Daya-Mineral-menyerahkan-arsip-statis-dan-canangkan-GNSTA
adalah arahan Bapak kabag yg belum dapat saya u realisasikan.

Penghargaan sebagai pegawai arsip teladan, tidak dapat terwujud jika tidak didukung oleh pejabat, pegawai di lingkungan Ditjen Migas. Meski sebetulnya penghargaan tersebut sudah agak basi.

Penghargaan serupa telah aku terima empat tahun silam. Pada 2014, menjadi Juara 🥉 ketiga tingkat Nasional (seluruh kementerian dan lembaga tingkat pusat dan daerah).

#####
Peran dan tugas sebagai pegawai bukan hanya ngurus arsip doang. Pada tahun ini mendapat penugasan sebagai PPBJ. Aku dibantu rekan di Subag perlengkapan untuk mengevaluasi dan mempersiapkan dokumen pemilihan langsung. lebih dari 30 paket pekerjaan telah aku tanda tangani.

Selain itu penugasan PPHP pada program konversi BBM ke BBG untuk Kapal perikanan kecil. Delapan kabupaten yang harus aku kunjungi untuk memastikan barang telah sampai pada sasaran penerima. Wonosobo, Tuban, Labuan Batu Utara, Samosir, Tapanuli Tengah, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Indragiri Hilir.

Sebagai PPBJ pun bertugas melakukan pemesanan barang melalui e catalogue. Terima kasih telah dibantu oleh sdr. Ryan untuk memastikan spek barang dan koordinasi dengan penyedia melalui sarana online, e catalogue, peran ini masih menyisakan monitor yang belum dibayar (barang sudah di kantor Ditjen Migas)

Di saat waktu yang berbarengan, hari ini merasa semua dapat terlewati. Peran sebagai PPBJ menandatangani dokumen pemilihan. Peran PPHP dan Sebagai arsiparis dapat beriringan dalam kata hampir sempurna.

Semua karena dukungan pimpinan dan rekan kerja yg begitu luar biasa. Kak Eva, Firka dan dwi yang setia mengoperasikan aplikasi pengadaan dengan memverifikasi dokumen perusahaan.

Pak Aco, Bu ros yang mempercayakan serta mengizinkan pelaksanaan berbagai peran dan tugas di kantor Ditjen Migas.

Tim DMI dengan komandan Bu Retna, sesama PPHP Teni W, dan tim counterpart (staf dmi pindahan dari daerah) yang mempercayakan dan membantu koordinaai tugas PPHP.

Tak lupa tim kerja arsip migas yg setia dengan Aktivitas kearsipan migas. Mulyanto, Juli, kasmari, gilang, mita, catur, alif, avis, Tatang, reza, ocid, serta anak2 magang.

Tiada yg bisa saya sampaikan kepada pihak yg mendukung dan membantu saya. dan tahun 2018 ini menjadi pekerja arsip teladan di Kementerian ESDM

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Pencerita dan Pencari Makna

Satu pendapat untuk “Arsiparis Teladan

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai