Perawatan Aplikasi Persuratan

Layaknya sebagai peralatan, database aplikasi juga memerlukan perawatan. Jika sisi penggunaan dilaksanakan monitoring dan evaluasi penggunaan aplikasi surat untuk meningkatkan fungsi, maka pada sisi aplikasi sebagai alat perlu dilakukan optimasi untuk menjaga performa fungsi aplikasi.

Baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/07/05/419/

Pemindahan database dari server dengan operating system (OS) Windows ke server dengan operating system (OS) menjadi pilihan agar kecepatan akses dapat terjaga seiring dengan terus bertambah nya data baik data input maupun data upload.

Berawal dari arahan pembicaraan level pimpinan tinggi terkait dengan server disposisi persuratan secara online dari Dirjen Migas kepada Kapusdatin pada 14 Juli 2019. Hasil pembicaraan tersebut di screen shoot dan diteruskan ke unit IT Ditjen Migas.

Hal tersebut juga senada dengan yang disampaikan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas yang mengeluhkan kelambatan aplikasi persuratan.

Hasil analisa pihak IT Migas dalam hal ini Pak Agusetiawan Mendrova bahwa Bandwidth pemakaian internet di ditjen migas sedang tinggi, sehingga bandwidth pemakaian aplikasi persuratan juga tertekan.

Kevin Hadinata sebagai programmer pun melakukan pengecekan dengan pembersihan query2 serta mengurangi loading page yang tadinya 100 surat menjadi hanya 25 surat saja.

Kejadian ini sontak memancing arahan Kapusdatin untuk segera diganti dengan Nadine 2.0 barengan sama Sekjen. Meski demikian, hasil konfirmasi kepada tim teknis pengembangan aplikasi surat dari Pusdatin masih belum memperlihatkan kesiapan. Untuk itu pada tanggal 17 Juli 2019, pak Agus Mendrova telah menyiapkan server buat migrasi.

Perkembangan selanjutnya di tanggal 31 Juli 2019, tatkala penulis yang menghadiri undangan pembahasan teknis Nadine 2.0 mendengar langsung dari pimpinan rapat, bahwa akan diterapkan nya di lingkungan sekjen.

baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/07/31/mail-handling-agenda-elektronik/

Kebutuhan pimpinan akan aplikasi surat begitu nyata. Sarana dispo surat secara online telah menciptakan habit baru dalam penjagaan institusi publik meski di hari libur dan tidak berada di kantor.

Kemudahan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi internet menjelma perkantoran tidak mengenal hari libur. Hal ini tergambar pada kutipan berikut
[11/8 07.31] Sekretaris Dirjen: Pagi gaess..tanya dong
[11/8 10.24] Sekretaris Dirjen: Ya gpp. Td pak DJM nanyain kenapa hari ini gak bisa diakses e suratnya.
[11/8 10.25] Kevin: Iyaa kita lg pemeliharaan system dari sabtu
[11/8 10.25] Sekretaris Dirjen: Td udah koordinasi jug sama mas agus unit IT Ditjen Migas, Oke thanks

Penentuan hari sabtu dan minggu untuk proses migrasi ke server baru hingga selesai pada tanggal 11 Agustus 2018 oleh Kevin Hadinata, tetap saja bertabrakan dengan kebutuhan pimpinan.

Pun hari Senin , 12 Agustus 2019, saat Dani selaku Sekretaris Dirjen yang menyambangi penulis selaku PIC aplikasi surat pada sisi penggunaan/ tata usaha.

Pelaksana tugas DIRJEN MIGAS yang menjabat sebagai Sekjen DEN masih menyampaikan keluhan terkait akses yang sebetulnya secara teknis migrasi telah selesai, namun diperlukan pengaturan teknis terkait sistem operasi Linux.

[13/8 09.00] nurul muhamad: Man teman, untuk yang di ruangan, tentunya akses e surat mempergunakan PC y…
Ada sedikit perubahan pengaturan, dikarenakan saat ini aplikasi e surat telah migrasi ke rumah baru yakni Server OS LINUX
[13/8 09.02] nurul muhamad: Perubahan pengaturan tsb menyebabkan aplikasi tidak bisa nongol y, kayak kasus pak ja, dan bu Iin di DMT.
Pun pagi ini di ruangan Eva sekre DMO
[13/8 09.03] nurul muhamad: So….man teman dapat menghubungi pihak berwajib yakni urusan pengaturan jaringan internet dibawah naungan pak agus mendrova y…..Info yang saya Terima pagi ini, Saudara Janes (timnya pak agus)siap melakukan pengaturan di masing2 PC

Kesigapan Janes (pasukan dibawah kendali pak agus Mendrova) untuk menyambangi para petugas persuratan di tiap ruangan unit kerja untuk melakukan pengaturan ada PC menjadikan sarana persuratan dapat dimanfaatkan kembali pernah hari ini, tanggal 13 Agustus 2019.

[13/8 08.36] Sekretaris DMO: sudah bisa mas. dibantu dengan mas Janes ppl. tengkyu
[13/8 09.17] Pengadministrasi DMTS: Sy sampun om nurul sm om janes
[13/8 09.22] Pengadministrasi DMOO: Makasiih mas janes
[13/8 09.45] Pengadministrasi DMTO: Terimakasih kpd Tim Operator jaringannya sudah terhubung πŸ™πŸ™πŸ™
[13/8 10.23] Pengadministrasi DMOAi: Tks Om Nurul, Om Janes sdh aktif lagi nih.. matursuwun.πŸ‘πŸ™πŸ‘πŸ™

Gambaran perawatan aplikasi surat sebagaimana diatas tentunya memerlukan kerjasama dari beberapa unit kerja. Unit tata usaha selaku pemilik bisnis proses persuratan tidak dapat berjalan sendirian tanpa bantuan tim IT Ditjen Migas.

Pun demikian, arahan pimpinan tinggi Ditjen Migas terkait sarana prasarana teknologi Informasi dan jaringan internet yang berada di Bagian Rencana dan Laporan pada Sekretariat Ditjen Migas memerlukan dukungan pengelola persuratan.

Di akhir tulisan, semoga habit pimpinan di Institusi publik yang telah menembus batas hari libur dan keberadaan di Kantor dalam mendisposisi surat dapat terlaksana dengan kehandalan aplikasi surat.

Berharap Sistem informasi persuratan dinas yang terbangun dan efektif dipergunakan sejak 2016 terus bertahan seiring sampai nantinya akan tergantikan dengan sistem dari Pusdatin.

Iklan

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Arsiparis Ditjen Migas

Join the Conversation

1 Comment

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Memulai
%d blogger menyukai ini: