PISAH SAMBUT SESDITJEN MIGAS

Gd. Migas, Selasa, 9 Oktober 2018, bertempat di Ruang Strategis Lantai 16, Bp. Iwan Prasetya Adi memperkenalkan diri bahwa sejak menjadi ASN telah mengalami mutasi sebanyak delapan kali. Beliau berasal dari instansi Kementerian Keuangan yang diperbantukan ke BPKP, Kemudian di tahun 2013 bergabung ke Kementerian ESDM.

Setelah menjabat sebagai kabid di badan litbang, Beliau mengikuti assement dan lolos untuk menduduki jabatan Inspektur 2, tidak lama menjalani rotasi sebagai Sekretaris Itjen, dan pada bulan Oktober 2018 dilantik oleh Menteri ESDM sebagai Sekretaris Ditjen Migas menggantikan Bp. Budiyantono.

Pada kesempatan tersebut, penulis mendapat kesempatan untuk belajar menyampaikan kesan dan pesan mewakili pegawai. belajar berbicara di depan audience.

Meskipun belum pecah, belum dapat memeriahkan suasana, namun pengalaman yg luar biasa. berikut konsep tulisan, yg ditulis pada pagi hari, jam 08.00 dan dibaca sekali, kemudian ditampilkan kurang lebih 11.30 pada acara tersebut.

……………………
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
mohon ijin bapak dan ibu pimpinan dan bapak ibu fungsional dari yg umum sampai tertentu.

ijin pak budi nama masih nurul, dan perkenalkan pak iwan, nama saya nurul Muhamad, jabatan arsiparis, maren sore dapet telp dari bu ros, atasan langsung saya diri subag tata usaha, berdasarkan arahan pak mukti selaku kabag umum, kepegawaian, dan organisasi ditugaskan untuk menjadi salah satu pegawai yg dapat tampil di acara pisah sambut sesditjen migas.

tidak terduga dan tidak terprediksi, itu mungkin anggep dari kami, akan ada pisah sambut lagi, padahal belum ganti taun atau masih di bulan yang lalu, di ruangan ini juga ada acara pisah sambut bapak sesditjen migas dari pak susyanto ke pak budi yanto no.

belum lama y pak bu… kira2 berapa bulan y….

kalo pada acara pisah sambut yg lalu, saya langsung ditunjuk , dadakan, sehingga tidak bisa merancang kalimat, bingung tidak bisa omong akhirnya berbicara keceplosan hiks hiks hiks. namun kali ini, coba saya persiapkan agar tidak keceplosan lagi. dalam acara pisah sambut ini

saya akan mulai dari angel mana ya??? , cie… pake kata angel, mencomot dari kalimat chief editor pemberitaan ditjen migas yg mengisi website, IG, pesbuk, what’sup, blogspot, WordPress, friendster (kalo masih pada kenal y), yakni bu hening subag pengelolaan informasi migas.

angel yang familiar buat seluruh pegawai kepada sosok pribadi secara utuh dalam pelaksanaan tugas di ditjen migas. sesditjen migas, siapa sih yg tidak kenal pak budi yanto no, di migas ini???, sosok senior,
perjalanan karir yg mungkin sangat lengkap, jika dibandingkan yg lain, pernah menjabat es4 di sdmh, es. 3 di DMED, DMTP, SDMU, es 2 di DMB. artinya dari program, Hulu, sekretariat, ke Teknik an sudah pernah diemban.

Bagi kami, selaku staf, itu menjadi inspirasi. apakah kami kami sebagai staf, mampu untuk ya setidaknya menyamai rekor beliau???

gemana, yg S2 di luar negeri kira2 sanggup enggak?, apa ada yg menyangsikan kalimat saya, kalo pak budi ini sang pemberi inspirasi????

bukan hanya catatan jabatan strukturalnya, namun sejumlah prestasi juga pasti tersimpan dalam memori pegawai di lingkungan ditjen migas.

saat perubahan level atas di tingkat menteri, peran pak budi juga terdengar dalam perubahan yg terjadi di Ditjen Migas. minimal peran dalam jabatan yg diemban saat, mensukseskan landing ya isu perubahan di ditjen migas, yakni rotasi mutasi pegawai.

saya ilustrasikan begini,

Sejak 2009 saya bergabung di kantor ini , kita sudah biasa denger keadaan kalo masuk di SDM sampai pensiun y tetap di SDM, yang diurus itu itu saja, sampai tua, makan nya itu itu saja, gk kayak pegawai Direktorat, kalo punya GFF biru y tetep warnanya itu, gk bisa berubah hitam, hehehe. tinggal di rumah alhamdulillah gk usah mikir apartemen, kolega berputar putar saja, yg ngurusin pengadaan, kolega relasinya, ya rekanan kecik kecil, yg ngurusin keuangan ya paling banter ke DJA dan DJB (urusan anggaran), yg ngurusin data dan laporan ya DPR saja, kecuali ya penyertaan pameran luar negeri ya… hehe, bisa ke LN berkali kali….. , meskipun sekarang sudah pindah ke bagian hukum, dan pak mentri belum begitu suka dg pameran luar negeri.

meski belum bisa terkinfirmasi langsung dari beliau, namun dari cerita, banyak staf sdm maupun staf direktorat bahwa peran pak budi dalam menuntaskan isu perubahan dari mentri, dan dapat landing dengan mulus, yaitu rotasi dan mutasi pegawai. rotasi dan mutasi bisa diliat menjadikan naik kelas, bisa juga diliat turun kelas hehehe.

sebagai pak sesditjen migas, pak budi juga memberikan ketegasan dan sudut pandang di luar kemampuan, kalo pake istilah keren yg sering disampaikan pak budi adalah, berpikir out of the box. mantab. contohnya saja

2 bulan terakhir ini saya dan tim, sebagai arsiparis, harus menerima setoran arsip diluar kemampuan. jumlah arsip program LPG 3 Kg, jika diukur dari SKP atau target kerja, yg jml nya yg diserahkan oleh DMO selesai dikerjakan sampai saya pensiun, atau 20 taun lagi,

namun arahan demi pelayanan ditjen migas yg tidak boleh berhenti, telah membuka pemikiran kami. saat ini, arsip tersebut sudah terkelola.

misalnya juga terkait disposisi surat secara elektronik, dukungan pak budi selaku pak ses terkait penggunaan sarana online untuk menurunkan dan menerima disposisi surat, tak surut pada tiap harinya, bukan hanya bentuk dukungan dalam konsep surat edaran ke pegawai dan pejabat yg di ttd, namun secara pengoperasionalan aplikasi (yg merupakan produk asli ditjeb migas) pada tiap harinya pasti dilakukan.

produk tsb telah diambil oleh pusdatin kesdm untuk dijadikan sarana persuratan di sekjen, dan badiklat serta bageol.

juga temen2 yg mengawal renovasi gedung, kalo boleh ikut memberikan komentar, peran pak budi sebagai penanggung jawab kegiatan renovasi cukup dominan dalam kesuksesan renovasi tahap 2 yakni lantai 7 dan 8 serta 15 menjadi bukti dan on the track perencanaan renovasi lanjutan, sekarang sudah tahap pengerjaan, menjadi bagian dari jasa jasa pak budiyabtono selaku sesditjen migas.

saat ini, dan kedepan, pak budi dipindah ke tempat tugas baru, semoga hal hal yg baik sewaktu di ditjen migas, menjadi inspirasi khususnya untuk generasi muda penerus migas.

terimakasih banyak pak budi.

namun belum lengkap jika hanya baik baik saja yg diungkapkan y, ada kanan dan ada kiri, ada atas dan ada bawah, biar lengkap saya harus mencari kekurangan pak budi.

hanya satu, mungkin yg terlihat di kami sebagai staf yakni:, tidak ada keberanian mempunyai istri lagi, meskipun dengan nikah sirri. bukan begitu pak kholid… hehehe

sekali lagi, kalo boleh mewakili temen2, kami mengucapkan selamat bertugas di bidang pengawasan pak, pasti nanti terjadi interaksi kerja minimal dg pak taufik, sdmk yg menangani pemeriksaan itjen. dan jasa bapak di Ditjen migas selalu menjadi inspirasi kami, semoga masih ada peluang untuk balek ke migas lagi heheh.

kemudian untuk menyambut pak iwan, mungkin secara pribadi, kami baru tau secara fisik, ini pak iwan prasetya adi, kalo menelusuri dari catatan karir, beliau pernah menjabat sebagai Inspektur.

agak serem mungkin bagi sebagian pengelola anggaran zaman old, kalo pengelola anggaran zaman now, menjadi pren. misalnya bu yuli yg jadi dir DMO, pengawasan itjen dg enggel persahabatan menjadikan percepatan penyerapan anggaran dan tidak khawatir dengan temuan. dan lebih berhati hati dg ketentuan yg berlaku.

selamat datang untuk pak iwan, sebagai pak sesditjen migas. bimbing kami dan sayangi kami sebagaimana bimbingan dan kasih sayang pimpinan kepada bawahan.

tempatkan pemahaman kami staf agen perubahan sebagaimana Reformasi birokrasi. sehingga bisa mendukung perbaikan citra di pelayanan publik serta perbaikan ekonomi (hehe terlalu jauh mungkin y pak) , dan juga melaksanakan tugas fungsi SDM di dalam pemberian dukungan manajemen kepada berlangsungnya kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.

Iklan

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Arsiparis Ditjen Migas

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: