PPHP Konkit untuk Nelayan 2018

LATAR BELAKANG
Sesuai dengan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi nomor 47 tahun 2018 tanggal februari 2018, diberikan tugas sebagai Pantia Penerima Hasil Pekerjaan untuk pembagian dan pengawasan konventerkit nelayan di wilayah I (Sumatera dan Jawa)

Penugasan tersebut merupakan kali pertama bagi penulis secara tertulis sebagai pengelola anggaran kegiatan pembangunan infrastruktur migas. Kegiatan infrastruktur migas yang lain yakni Pembangunan Jaringan Gas untuk rumah tangga, stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), dan pembagian paket perdana LPG 3 Kg.

Peninjauan ke lokasi penyerahan konventerkit untuk nelayan pada tanggal 2 Oktober di Wonosobo, dan di Kabupaten Labuan Batu Utara pada tanggal 5 Oktober bersama auditor, meninggalkan pesan untuk dapat melakukan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas maka rumusan tulisan ini adalah:
1. Apa saja hal-hal yang perlu ditanyakan kepada penyedia pengawas konkit nelayan sesuai ruang lingkup pekerjaan yg tercantum dalam Kontrak
2. Dokumen apa saja yg perlu disiapkan sebelum melaksanakan tugas sebagai PPHP.
3. Apa saja rincian tugas PPHP

PEMBAHASAN
1. Ruang lingkup pekerjaan
Sampai dengan hari Senin, tanggal 8 Oktober 2018 ini, aku juga belum bisa mendapat kontrak pekerjaan. Jika membaca kontrak sosialisasi, verifikasi dan pengawasan konkit untuk nelayan taun lalu (tahun 2017), berikut adalah ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan addendum yakni:
a. SOP pendistribusian dan pengawasan
b. pengolahan data dan dokumentasi pemasangan mesin kepada nelayan 5gt
c. proses sosialisasi dan rapat koordinasi
d. melakukan pengawasan pendistribusian dan pengawasan.

2. Tugas PPHP
Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mempunyai tugas pokok dan kewenangan untuk perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa adalah:

a. Melakukan pemeriksaan hasil pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa
sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Kontrak;

b. Menerima hasil Pengadaan Barang/Jasa setelah melalui pemeriksaan/pengujian; dan

c. Membuat dan menandatangani Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan.

3. Sistem Kerja PPHP
Sesuai dengan ketentuan Syarat Syarat Umum Kontrak (SSUK) sosialisasi, verifikasi, dan pengawasan pada tahun 2017, panitia penerima hasil pekerjaan(PPHP) menerima penugasan KPA untuk melakukan penelitian atas pembayaran 100 persen.

Jika nanti terdapat kekurangan dalam hasil pekerjaan, maka laporan PPHP dapat menyebabkan denda keterlambatan atau pengurangan pembayaran di tahap pelunasan terhadap penyedia atau konsultan.

Laporan PPHP dituangkan pada Berita Acara Serah Terima Pekerjaan pada pembayaran akhir atau pelunasan.

4. Pembagian Tugas PPHP
Terdapat tiga orang PPHP yakni Catur Pulung Riarto, Teni Wijayanti dan Nurul Muhamad. Jadwal yg disusun disesuaikan dengan pelaksanaan sosialisasi, verifikasi serta pengawasan yg dimulai bulan September 2018 s.d. selesai.

Untuk lingkup kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi, saya pribadi selalu PPHP belum terlibat secara langsung, namun sejauh ini dilaksanakan oleh staf DMI. Hal tersebut terlihat dari dua kali peninjauan lapangan yg terlaksana yakni di Wonosobo dan Labuan Batu Utara, kami selaku PPHP meneliti pembagian dan pemasangan bersama auditor setelah proses koordinasi dan sosialisasi.

5. Serba Serbi lapangan
Seorang Lead pengawas di titik serah Labuan batu utara, Darwansyah menyampaikan bahwa data nelayan sebagai pengganti penerima paket konkit tidak disimpan oleh PT SKM sehingga data harus dicari di pemerintah dinas pertanian.

Darwansyah juga menyampaikan bahwa terdapat 24 baling baling yg belum terpasang pada mesin nelayan di Labuan batu utara sudah diidentifikasi sebelum pemasangan, namun jadwal yg diberikan oleh Ditjen Migas adalah sosialisasi dilanjutkan dengan pemasangan.

Daftar calon penerima dan daftar penerima definitif belum bisa diberikan langsung, namun akan disusulkan oleh Lead Pengawas bernama Rizal di titik pembagian Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ketika diminta oleh auditor. Rizal menyampaikan bahwa data disimpan pengawas hanya rekap pembagian dan pemasangan pada tiap hari dan tiap lokasi beserta foto&video kegiatan.

KESIMPULAN
a. PPHP harus dibekali kontak konsultan pengawas yg ditugaskan di titik pembagian sebelum ditugaskan penelitian hasil pekerjaan di Lapangan.

b. PPHP menanyakan hal hal terkait bentuk dan jenis koordinasi pekerjaan yg dilaksanakan baik ke penyedia pemasangan dan dinas (pemerintah daerah setempat)

c. PPHP mengecek dan mengisi kuesioner penerima paket konkit (nelayan) secara langsung.

d. Dokumen yg diperlukan PPHP sebelum peninjauan adalah kontrak kegiatan beserta lampiran seperti SSUK, HPS, jadwal pembagian dan pemasangan, jadwal dan PIC auditor, formulir kuesioner, formulir berita acara pemeriksaan untuk persiapan Hibah, surat tugas sebelum sampai ke lokasi peninjauan, dan form visum SPPD.

e. Dokumen yg dikumpulkan setelah peninjauan lapangan adalah berita acara dalam rangka persiapan Hibah, daftar nelayan yg dijadikan sampel pemeriksaan, form isian kuesioner yg telah di tanda tangani nelayan, foto nelayan. daftar penerima definitif, alasan penggantian beserta daftar.

f. Sampai tulisan ini diterbitkan, penulis sebagai PPHP belum mendapatkan naskah kontrak beserta lampiran sehingga belum belum membaca ketentuan pekerjaan berdasarkan perjanjian antara PPK dan Penyedia. meskipun demikian, telah disampaikan sebagaimana bagian pembahasan terkait tugas PPHP berdasarkan perpres 54 taun 2010 dan sesuai SSUK kontrak konkit nelayan taun 2017.

Iklan

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Arsiparis Ditjen Migas

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: