Labuan Batu Utara

Selaku PPHP Program Konversi BBM ke BBG untuk nelayan perahu dengan mesin s.d. 5 Gt dan sesuai jadwal bersama dengan tim auditor, kami pada hari jumat, 5 Oktober 2018 berkoordinasi di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Labuan Utara untuk melakukan pengecekan fisik sekaligus persiapan Hibah Barang Milik Negara.

Kami disambut oleh Bapak syamsudin kemudian berbincang dengan pejabat eselon 3a sebagai Sekretaris dinas pertanian Kabupaten Labuan Utara bernama Bapak syamsudin.

Gambaran yg disampaikan beliau adalah sebagai daerah pemekaran sejak tahun 2009 dari sebelumnya kabupaten Labuan Batu dengan andalan pendapatan daerah adalah perkebunan kelapa sawit.

Sepanjang perjalanan dari Bandar Udara menuju kantor Dinas Pertanian dapat dijumpai area perkebunan karet dan kelapa sawit. Dari Bandara Kualanamu menuju lokasi, kami melewati Kabupaten Batubara, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Asahan yg berbatasan langsung dengan Kabupaten Labuan batu utara menghabiskan waktu sampai dengan 6 jam (termasuk istirahat minum kopi)

Menurut Bapak Samsudin salah satu pejabat di Kantor Dinas Pertanian bahwa terdapat kurang lebih 40 perusahaan selain PT Perkebunan Indonesia yg menjadi pengelola daerah perkebunan di Kabupaten Labuan Utara.

Dinas Pertanian Kab. Labuan Batu Utara memiliki kewenangan mengeluarkan rekomendasi lokasi sedangkan kewenangan memberikan izin perkebunan adalah pemerintah propinsi. Perusahaan dapat mengajukan jangka waktu penggunaan lahan untuk perkebunan sampai dengan 30 tahun dengan asumsi jarak waktu taman dengan panen kelapa sawit adalah 5 tahun dan umur produktif pohon kelapa sawit adalah 25 tahun.

Selain itu juga, dinas pertanian melakukan evaluasi kelayakan usaha perkebunan dimana pada tiap taun dimana Pemerintah Kabupaten akan mendapatkan pembagian bagi hasil bersama dengan pemerintah provinsi, Sumatra Utara dan perusahaan pengelola.

Letak Gedung Kantor dinas Pertanian ada di Desa Damuli, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatra Utara Kode Pos 21457. alamat tersebut terpisah dari kantor bupati yg menghadap langsung pada jalur lintas Sumatera.

Keperluan koordinasi kami adalah mendapatkan kondisi untuk peninjauan ke lokasi penyerahan. meskipun bukan titik serah yang sama sewaktu pemasangan pada hari Selasa tanggal 2 Oktober, namun berdasarkan metodologi sampling, kami tetap menuju lokasi dimana dapat dijumpai paket konventerkit yg telah terpasang dan dapat dipergunakan.

Iklan

Diterbitkan oleh Nurul Muhamad

Arsiparis Ditjen Migas

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: